Beda Gaya Atasi Banjir: Jokowi Masuk Gorong-gorong, Ahok Main Perintah

Beda Gaya Atasi Banjir: Jokowi Masuk Gorong-gorong, Ahok Main PerintahPresiden Jokowi dan Ahok @kompas.com

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok marah besar setelah mendapat laporan selokan di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat dipenuhi limbah kabel. Ahok bahkan menuding hal itu upaya sabotase. Dilaporkan, hingga kini sampah kabel itu mencapai 17 truk.

Orang nomor satu di DKI itu pun meluapkan emosinya ke beberapa pihak. Pertama adalah Dinas Kominfo DKI Jakarta.

"CCTV kita enggak ada rekaman makanya saya marahin Kominfo. Kalian ini maunya apa? Saya sudah minta rekaman 3 hari kok enggak ada?" kata Ahok.

Tak cukup, Ahok juga memerintahkan Pekerja Penanganan Sarana dan Prasarana Umum (PPSU) untuk mengecek langsung ke gorong-gorong yang dipenuhi limbah kabel itu.

Nah, ada perbedaan mencolok dalam gaya kepemimpinan Ahok dengan gubernur DKI sebelumnya, yakni Jokowi.

Pada 2012 lalu, Jokowi pernah membuat heboh karena terjun langsung ke gorong-gorong. Saat itu banyak yang memuji Jokowi, namun ada juga yang mencibirnya.

Ketika dibanding-bandingkan dengan Jokowi, Ahok santai. Dia menjawabnya dengan kelakar, "Ngapain, emang gue Jokowi (masuk gorong-gorong)," ucap Ahok sambil tertawa.

Perbedaan style kepemimpinan Ahok dan Jokowi dalam membereskan permasalahan Ibu Kota ini pernah diungkapkan oleh Direktur Eksekutif The Cyrus Network, Hasan Batupahad. Meski berbeda, ujar dia, namun sesungguhnya hal itu saling melengkapi.

"Kalau selama ini yang kita lihat kan, Jokowi blusukan. Tapi Ahok lebih memilih di kantor. Coba kalau keduanya suka blusukan. Tiba-tiba Jokowi keluar dari gorong-gorong terus muncul di televisi, kemudian tiba-tiba Ahok keluar dari comberan dan mau masuk televisi juga. Kan bisa ribut. Tapi mereka paket yang seimbang satu di lapangan satu di kantor." Demikian dilansir dari Merdeka.

Nay