343 Aplikasi Malware Terobos Keamanan Google Play

343 Aplikasi Malware Terobos Keamanan Google PlayGoogle Play @pisapapeles.net
Peneliti dari lembaga ESET, Peter Stancik bersama timnya mengatakan telah menemukan 343 aplikasi Android berbahaya yang diunggah ke Google Play Store secara resmi sejak Agustus tahun lalu, dilansir The Register.

Ia menegaskan jika aplikasi tersebut berhasil menerobos sistem keamanan Google dan telah menjaring 1,2 juta korban. Jika malware ini sudah menginfeksi, maka tanpa sadar pengguna akan diarahkan ke situs porno.

Sebanyak 10 aplikasi serupa rata-rata telah masuk ke Google Play dalam satu pekan. Aplikasi yang mengandung malware tersebut telah berkembang untuk mengatasi sistem kode pemeriksaan yang menjadi standar Google.

Ketika aplikasi tersebut dipasang ke smartphone, pengguna secara tidak langsung telah dihadapkan dengan berbagai klik yang mengarah pada berbagai iklan yang menguntungkan pengembang.

Selain akan mengurangi data secara cepat dengan adanya iklan-iklan tersebut, aplikasi yang mengandung malware tersebut juga bisa mengambil informasi pribadi pengguna smartphone.

Serangan ini menurut peneliti akan dilakukan dengan bentuk seri dari berbagai penyerangan yang ada sebelumnya karena berbagai aplikasi berbahaya yang muncul berasal dari pengembang yang berkaitan.

Menanggapi hal ini, Google pun tak ingin tinggal diam. Mereka dengan cepat memperketat pengaturan keamanan dengan hanya menampilkan aplikasi yang terverifikasi dan memberikan tanda pada aplikasi yang sebelumnya dilarang.
mks