Absen Kerja Tapi Pamer Selfie, Cewek Tiongkok Dipecat

Absen Kerja Tapi Pamer Selfie, Cewek Tiongkok DipecatIlustrasi selfie @footage.framepool.com
Lagi-lagi media sosial mampu mengubah nasib seseorang. Wanita asal China bernama Lu langsung dipecat oleh atasannya setelah sang atasan membuka WeChat miliknya.

Awalnya Lu izin kerja dengan alasan sakit. Namun ketika atasannya sengaja membuka akun WeChat Lu, bos wanita asal selatan Kota Chengdu, Provinsi Sichuan ini melihat beberapa foto selfie Lu ketika traveling, dilansir CCTVNews.

Lu sendiri sebelumnya mengatakan kepada sang atasan telah mengidap penyakit serius pada Oktober tahun lalu. Atasannya langsung percaya dengan alasan tersebut sehingga ia pun memberikan izin agar Lu berobat dan libur namun tetap menerima gaji.

Atasannya menjadi geram ketika melihat beberapa foto Lu diunggah di WeChat bersamaan dengan masa izinnya sakit. Seperti yang diketahui, WeChat memang juga mencantumkan lokasi dan tanggal foto.

Sang atasan langsung mengambil gambar tangkapan (screenshot) isi foto beserta tanggalnya kemudian menyerahkan ke kantor hukum setempat. Surat pemecatan pun keluar tak lama setelah itu.

Salah satu pengacara setempat, Chen Xiaohu mengatakan, "Sekali karyawan ketahuan bohong untuk izin, maka perusahaan bisa menganggapnya membolos, di mana bisa membuatnya dipecat."

Sejauh ini telah banyak perusahaan di China yang memanfaatkan media sosial untuk memantau aktivitas para pekerjanya. Keputusan ini mendapat reaksi beragam dari netizen. Ada yang mendukungnya, banyak pula yang mencelanya.

Salah satu netizen Weibo menulis, "Ketika kamu menyampaikan kebohongan dan mengungkapkannya dengan cara yang bodoh. Mereka tak akan 'menggigitmu' jika kau tak melakukan hal bodoh."

"Mungkin saja dia memang sakit namun hanya berjalan-jalan ke lingkungan bersih agar pulih," bela akun Weibo lain, @Wozaifengzhongzhuzu.
mks