Pedagang di Tokopedia Jual Materai 6.000 Harga Rp 2 Ribu, Percaya?

Pedagang di Tokopedia Jual Materai 6.000 Harga Rp 2 Ribu, Percaya?Materai 6.000 @detik.com

Seorang penjual materai 6.000 menjual dengan harga miring, yakni Rp 2.000. Pedagang bernama Yudi ini mengklaim materai yang dia jual lewat situs online Tokopedia adalah asli.

"Iya benar Rp 2 ribu, soalnya saya beli dari orang dalam," kata Yudi.

Yudi mengatakan, materai itu dijamin keasliannya sebab sudah melewati pengecekan dengan alat deteksi uang asli atau palsu. Dengan jaminan itu, Yudi mengaku sudah banyak orang-orang perkantoran yang membeli materai darinya.

"Ya banyak BPR, Notaris, Bank juga banyak," lanjutnya.

Tak hanya lewat online, Yudi juga menjual materai itu secara offline, dari mulut ke mulut.

Pada iklan yang dipasang Yudi, dia menawarkan diskon potongan harga Rp 250 jika pembeli memesan di atas 100 pieces. Artinya, apabila memborong 400-500 pieces harga materai hanya Rp 1.750 per pieces, demikian seterusnya.

Cara mudah mengecek keaslian sebuah materai adalah lewat tampilan fisiknya. "Materai asli dapat dilihat dari hologramnya, apabila dilihat dari dekat ada gambar burung garuda pancasila. Satu lembarnya 250ribu," ucap Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Utara, AKBP Yuldi Yusman.

Sementara itu, terkait pemasangan iklan jual materai 6.000 dengan harga Rp 2.000 tersebut, pihak Tokopedia belum memberikan tanggapan.

Nay