Alasan Lampu Pesawat Diredupkan Saat Mendarat

Alasan Lampu Pesawat Diredupkan Saat MendaratIlustarsi di dalam pesawat @staticflickr.com
Bagi Anda yang sering menaiki pesawat pasti sudah tidak asing dengan kondisi dimana lampu di dalam pesawat diredupkan saat akan mendarat. Hal ini ternyata menimbulkan banyak pertanyaan dari para penumpang.

Bahkan beberapa dari mereka menganggap bahwa hal ini dilakukan agar para penumpang meletakkan buku atau telepon mereka, dan memperhatikan proses pendaratan. Bahkan dianggap sebagai cara staf maskapai penerbangan memastikan akhir perjalanan udara yang dramatis ketika akhirnya mendarat.

Menanggapi hal ini, seorang pilot akhirnya mengungkap fakta dibalik hal tersebut. Menurutnya, kondisi lampu yang redup saat pesawat akan mendarat jauh lebih penting dari yang dibayangkan orang.

Dilansir dari Times of India, pilot bernama Chris Cooke mengatakan bahwa prosedur tersebut adalah tindakan pencegahan yang memungkinkan mata penumpang untuk menyesuaikan diri dengan kegelapan jauh lebih cepat. Ini dilakukan jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan dalam proses pendaratan dan evakuasi mendadak dibutuhkan.

"Bayangkan berada di sebuah ruangan terang yang dipenuhi banyak barang, lalu tiba-tiba seseorang mematikan lampu dan meminta Anda keluar dengan cepat," kata Cooke.

Tak hanya itu saja, ia menambahkan bahwa penumpang juga diminta untuk membuka penutup jendela pesawat karena alasan yang sama. Sebab penutup jendela yang terbuka dapat mendatangkan cahaya alami. Ini akan sangat berguna dalam memandu pendumpang untuk menyelamatkan diri, ketika misalnya lampu tiba-tiba mati total.
De