Akhirnya, Mobil Google Sebabkan Kecelakaan

Akhirnya, Mobil Google Sebabkan KecelakaanMobil Google @youtube.com
Untuk pertama kalinya mobil otonom Google dilaporkan menjadi penyebab kecelakaan. Mobil Lexus tersebut mengalami kesalahan kemudian menabrak bus kota di Mountain View, California, AS pada 14 Februari lalu.

Selama mengaspal di jalan sejak tahun 2009 silam, mobil otonom Google memang sudah mengalami kecelakaan sebanyak 17 kali. Namun, penyebab kecelakaan tersebut adalah dari pengendara lain, bukan dari kesalahan mobil, seperti dilansir Recode.

Dari laporan yang diajukan California DMV, mobil Google awalnya sedang menunggu persimpangan untuk belok kanan, namun ternyata pada sisi kanan ada beberapa kantong pasir yang menghalangi jalan.

Mobil cerdas itu pun secara spontan langsung memutar arah ke kiri saat lampu lalu lintas menunjukkan warna hijau. Saat itulah mobil tersebut langsung menabrak sebuah bus yang muncul dari belakang. Beruntung tidak ada korban luka dalam insiden ini.

Kecelakaan mobil Google sebelumnya diketahui ketika sedang dalam keadaan manual. Sementara kali ini mobil tersebut dalam keadaan aktif. Selain itu, bus diketahui memacu kecepatan 15 mil per jam ketika insiden, sementara mobil Google hanya 2 mil per jam.

Pengendara di mobil tersebut mengaku melihat bus mendekat melalui kaca spion kiri, namun saat itu sang penguji mobil mandiri tersebut mengira bus akan berhenti atau memberikan ruang untuknya agar belok ke kiri.

Mengenai kecelakaan ini, Google menganggapnya sebagai hal yang wajar. "Jenis kesalahpahaman ini terjadi antara pengemudi manusia di jalanan setiap hari. Ini adalah contoh klasik negoisasi dan itu bagian normal dalam mengemudi," ujar pihak Google.

Meski mereka menegaskan jika hal seperti ini bisa terjadi setiap hari di jalanan, namun mereka dengan tegas siap bertanggung jawab atas kecelakaan yang terjadi. "Dalam hal ini, kami jelas menanggung sebagian tanggung jawab, karena jika mobil Anda belum bergerak di sana tidak akan ada tabrakan," tutup Google.
mks