Iran Eksekusi Semua Penduduk Desa ini Karena Terlibat Narkoba

Iran Eksekusi Semua Penduduk Desa ini Karena Terlibat NarkobaPemuda Iran @alarabiya.net

Iran menjadi salah satu negara yang gencar memerangi narkoba. Sebagai bukti, pemerintah Iran baru saja mengeksekusi mati para terpidana kasus narkoba. Tak main-main, nyaris seluruh penduduk pria dewasa yang ada di desa negara bagian selatan dieksekusi mati.

Wakil Presiden Iran untuk Wanita dan Urusan Keluarga, Shahindokht Molaverdi enggan menyebutkan tempat eksekusi itu dilakukan. Selain itu, dia juga tak menjelaskan apakah eksekusi dilakukan bersamaan atau bertahap.

"Kami memiliki sebuah desa di Sistan dan Baluchestan di mana hampir setiap laki-laki dewasa telah dieksekusi," katanya, dilansir The Guardian, Senin (29/2).

"Kami percaya bahwa jika kita tidak mendukung orang-orang ini, mereka akan rentan terhadap kejahatan, itu sebabnya masyarakat bertanggung jawab untuk keluarga mereka yang dieksekusi," katanya.

Pejabat setempat yang menangani kasus narkoba juga mendukung cara pemerintah pusat untuk membersihkan negara itu dari ancaman narkoba.

"Anak-anak mereka berpotensi menjadi pengedar narkoba karena mereka ingin membalas dendam dan memberikan uang untuk keluarga mereka. Tidak ada dukungan untuk orang-orang ini," kata pejabat tersebut.

Dari data Amnesty Internasional menunjukan jika Iran merupakan negara nomor urut dua setelah Tiongkok yang paling banyak mengeksekusi warganya. Tahun 2014, Iran menghukum gantung 753 orang di mana separuhnya terlibat kasus narkoba. Sementara tahun 2015, jumlah itu meningkat.

Nay