1,3 Juta PNS Kinerja Tak Jelas Terancam Dirumahkan

1,3 Juta PNS Kinerja Tak Jelas Terancam DirumahkanJumlah PNS Indonesia dinilai terlalu banyak @jpnn.com

Deputi SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), Setiawan Wangsaatmadja mengungkapkan, pihaknya tengah mengkaji rasionalisasi jumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS). Sebanyak 1.391.233 PNS menjadi target utama rasionalisasi. Mereka menduduki jabatan fungsional umum yang tidak jelas kinerjanya.

Meski masih dalam pengkajian, namun dari profil aparatur sipil negara (ASN), berdasarkan jabatan, sebagian besar PNS tersebar di bagian umum. Yang benar-benar jelas kinerjanya hanya berjumlah 3,2 juta orang.

"3,2 juta PNS itu terdiri dari 2,27 juta PNS berada di jabatan fungsional tertentu (guru, medis, paramedis). Sedangkan jabatan fungsional tertentu lainnya hanya 373.929 orang. Sisanya di jabatan pimpinan tinggi, administrator, pengawas, dan pelaksana," ungkap Setiawan, Minggu (28/2).

Setiawan menambahkan, pemerintah masih mencari cara untuk menaikkan kemampuan PNS di jabatan fungsional umum agar bisa naik ke jabatan fungsional tertentu (profesional dan lainnya).

"Ini masih kajian-kajian saja. Pemerintah tetap memikirkan upaya peningkatan kompetensi terutama untuk PNS yang punya potensi maju," terangnya, seperti diberitakan JPNN.

Lebih lanjut, Setiawan menjelaskan, ada 39 persen yang memiliki kemampuan di bawah rata-rata. Golongan inilah yang menjadi target rasionalisasi.

"‎Target rasionalisasi adalah PNS yang pendidikannya SMA, SMP, dan SD. Selain pendidikannya rendah, kompetensinya juga kurang," kata Setiawan.

Dia mengungkapkan, PNS di instansi daerah yang lulusan SMA sebanyak 26,5 persen. Sedangkan SMP serta SD masing-masing 1,9 dan 1,2 persen.‎ Sementara di pusat, lulusan SMA mencapai 26,3 persen. Sedangkan lulusan SMP serta SD mencapai 1,8 dan 1,1 persen.

"Target pemerintah, yang menjadi PNS minimal lulusan diploma. Saat ini jumlah PNS daerah yang mengenyam pendidikan diploma 23 persen dan 13,9 persen di pusat," imbuh Setiawan.

Perlu diketahui, jumlah PNS pusat yang berada di jabatan fungsional umum sebanyak 554.319, daerah 920.308 sehingga totalnya 1.391.233 orang atau 42,78 persen dari jumlah PNS se-Indonesia yang mencapai 4.517.136.

Nay