Gerhana Matahari & Bulan Bikin Tahun Kabisat 2016 Unik

Gerhana Matahari & Bulan Bikin Tahun Kabisat 2016 UnikGerhana Matahari dan Bulan @astronoteen.org

Hari ini, Senin (29/2) adalah hari spesial yang hanya hadir dalam 4 tahun sekali, yakni bertepatan dengan tahun Kabisat 2016. Namun, tidak banyak yang tahu apa itu tahun kabisat? Tahun Kabisat adalah tahun yang datang setiap empat tahun sekali yang ditandai dengan bertambahkan satu hari dalam bulan Februari.

Pada tahun Kabisat 2016 ini, ada fenomena yang cukup unik dibanding dengan Tahun Kabisat sebelumnya. Pengamat Astronomi, Nurdiansyah mengatakan fenomena itu agalah Gerhana Matahari dan Gerhana Bulan di Indonesia.

Ia mengatakan, "Untuk tahun 2016 di wilayah Indonesia, akan terjadi 2 gerhana matahari dan 2 gerhana bulan."

"Gerhana matahari di tanggal 9 maret 2016 adalah yang paling istimewa," lanjutnya.

Gerhana Matahari Total dikatakan akan melintasi 11 provinsi di Indonesia, Bengkulu, Sumatera Selatan, Jambi, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah dan Maluku Utara.

Fenomena ini terjadi ketika posisi Matahari, Bulan dan Bumi berada dalam satu garis sehingga beberapa wilayah Bumi tidak akan melihat cahaya matahari karena terhalang oleh Bulan.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan jika masyarakat harus menggunakan alat bantu jika melihat fenomena Gerhana Matahari Total agar tak berisiko pada penglihatan mata.

[Baca: Usai Gerhana Matahari Total, Indonesia Juga Kehadiran Gerhana Bulan]

mks