Presiden Hong Kong Dapat Ekspresi Marah Terbanyak di Facebook

Presiden Hong Kong Dapat Ekspresi Marah Terbanyak di FacebookPresiden Hong Kong, Leung Chun-ying @scmp.com
Setelah Facebook meluncurkan fitur Reactions Marah belum lama ini, terungkap sudah siapa sosok yang paling banyak memiliki haters di dunia ini. Ternyata bukan Donald Trump yang anti-Islam, melainkan pemimping Hong Kong, Leung Chun-ying.

Orang nomor satu di Hong Kong tersebut sejauh ini telah mendapatkan lebih dari 133.000 tanda angry di foto profil Facebook. Momen ini berselang hanya 3 hari setelah Facebook Reactions dirilis. Sementara itu Donald Trump hanya mendapatkan 1.400 emoji marah, dilansir Phys.org.

Di sisi lain, Perdana Menteri Inggris, David Cameron mendapatkan sekitar 44 emoji marah, sementara Presiden Amerika Serikat, Barrack Obama hanya mendapat 27 tanda marah pada foto profil.

Facebook Reaction sendiri sebelumnya dirilis dengan tujuan agar pengguna lebih bisa mengekspresikan ungkapan mereka terhadap suatu hal, termasuk mengkritisi seseorang.

Demonstran pun menganggap pemimpin Hong Kong sebagai 'vampir' yang dirasa tidak memiliki kapabilitas yang cukup untuk memimpin kota di Selatan China tersebut. Masyarakat di sana semakin geram setelah pemerintah menaikkan harga perumahan sementara gaji yang tak kunjung naik.

Demokrasi melalui media sosial belakangan ini memang semakin berpengaruh terhadap kondisi nyata dalam sebuah negara. Kekecewaan politik yang dilampiaskan melalui media sosial kerap kali berdampak pada keputusan pemerintah terkait suatu hal yang dirasa memang perlu dilakukan.

Namun, dengan media sosial ini pula banyak pengguna yang tertangkap dan dipenjarakan akibat melontarkan kritikan terlalu keras atau bahkan karena menghina pemimpin mereka.
mks