Robot Cerdas Akan Belajar Soal Manusia Lewat Buku Cerita

Robot Cerdas Akan Belajar Soal Manusia Lewat Buku CeritaRobot @mnn.com
Di tengah perkembangan robot yang semakin canggih, peneliti di Standford juga telah berhasil menemukan cara untuk mengajarkan respon manusia pada robot dengan kecerdasan buatan.

Dalam sebuah basis pengetahuan bernama Augur yang digunakan untuk sebuah sistem kecerdasan buatan, peneliti memberikan akses ke komunitas menulis online Wattpad dan arsip mereka yang memiliki lebih dari 600 cerita. Dengan begitu mereka mengklaim bahwa robot akan belajar soal respon manusia dengan sendirinya.

Dengan informasi yang disediakan itu, sistem kecerdasan buatan menurut mereka akan mampu memprediksi apa yang akan dilakukan manusia saat mendapatkan rangsangan tertentu, demikian dilansir Engadget.

Salah satu anggota tim penelitian tersebut mengatakan beberapa contoh respon manusia yang akan dipelajari, "Karakter dalam cerita modern akan menyalakan lampu sebelum mereka masuk ke dalam sebuah ruangan; wajah mereka memerah saat mendapatkan pujian; mereka tidak akan mengangkat panggilan telepon saat mereka berada dalam sebuah pertemuan."

Dengan bantuan kamera yang terhubung dengan Augur, robot telah berhasil mengidentifikasi objek dan manusia dengan tingkat keakuratan sampai 91 persen. Sementara dalam hal memprediksi respon manusia, robot cerdas yang disediakan informasi tersebut mampu memprediksi dengan ketepatan sampai dengan 71 persen.

Pengembangan kecerdasan robot melalui buku cerita memang bukan pertama kalinya dilakukan oleh peneliti. Facebook sebelumnya juga telah menerapkan hal yang sama agar robot cerdas buatan mereka mampu belajar dan segera memahami apa yang diinginkan manusia.
mks