Rakyat Kelaparan, Presiden Zimbabwe Bikin Pesta Ultah Rp 13 Miliar

Rakyat Kelaparan, Presiden Zimbabwe Bikin Pesta Ultah Rp 13 MiliarKue pesta ultah Mugabe seberar puluhan kiligram @cnn.com

Presiden Zimbabwe Robert Mugabe, baru saja merayakan hari ulang tahunnya yang ke-92. Perayaan ultah Mugabe ini sekaligus menjadikan dirinya sebagai pemimpin tertua di dunia. Sayangnya, pesta ultah meriah Mubage ini justru dirayakan di saat banyak rakyatnya yang kelaparan.

"Panitia telah bekerja keras untuk memastikan perayaan yang sukses," kata Simon Khaya Moyo, juru bicara partai ZANU-PF yang berkuasa kepada AFP.

"Semuanya sudah dipersiapkan dan kami menantikan acara yang luar biasa."

Menurut laporan, biaya pesta ultah Mugabe ini menelan anggaran hingga US$ 1 juta atau sekitar Rp 13,4 miliar. Selain dimeriahkan band militer, tari-tarian, pesta Mugabe ini dilengkapi kue tar seberat 92 kilogram.

Meski berlangsung meriah, pesta Mugabe yang sudah memerintah selama 36 tahun itu menuai protes dari banyak kalangan. Partai Gerakan untuk Perubahan Demokratik (MDC), melakukan protes di Masvingo.

Plakat penolakan perayaan pesta itu pun disebar di penjuru kota. "Tidak ada ulang tahun ketika anak-anak sedang kelaparan" dan "Kami ingin pekerjaan, bukan pesta. "

Media lokal melaporkan bahwa aktivis partai pengusung Mugabe manarik iuran dari warganya untuk membayar perayaan ulang tahun itu.

Di bawah kepemimpinan Mugabe, Zimbabwe mengalami serangkaian krisis pangan dan inflasi luar biasa.

Nay