3 Poin Penting Surat Lamaran Kerja

3 Poin Penting Surat Lamaran KerjaIlustrasi menulis surat lamaran kerja @interasco.de
Bagi mereka yang baru pertama kali akan melamar pekerjaan pasti akan sedikit merasa bingung dengan tata cara penulisan surat lamaran kerja yang benar.

Sebenarnya, dalam surat lamaran pekerjaan Anda hanya perlu memastikan 3 hal penting. Dilansir dari jobsearch.about.com, 3 poin penting yang harus ada pada surat lamaran kerja Anda:

1. Ringkas

Hindari mencantumkan terlalu banyak hal yang sebenarnya tidak terlalu penting. Buatlah tulisan singkat mungkin namun memikat.

Tonjolkan mengenai hal-hal apa saja yang bisa Anda berikan pada perusahaan. Gunakan bahasa yang jelas dan ringkas namun tidak klise sehingga mudah dimengerti namun menarik.

2. Teliti

Pelamar kerja biasanya mengirim CV dan surat lamaran ke banyak perusahaan. Meski begitu, hindari bersikap ceroboh dengan melakukan copy paste tulisan pada semua surat lamaran.

Anda mungkin bisa menerapkan formula tulisan yang serupa namun isinya disesuaikan dengan perusahaan dan jenis profesi yang dilamarkan.

3. Statistik

Agar lebih menyakinkan, berikan poin statistik pada riset yang Anda pilih untuk menjadi argumen Anda. Misalnya dengan menyebutkan jika saat ini kemampuan berbahasa China (yang menjadi salah satu kemampuan Anda) sangat dibutuhkan.

Anda juga bisa menuliskan berapa banyak perusahaan yang bekerja sama dengan pihak dari Tiongkok dan memerlukan staff dengan kemampuan tersebut. Dengan begini, Anda bisa meyakinkan perusahaan tujuan untuk memilih Anda sebagai karyawan mereka.
De