Tayangan Puteri Indonesia 2016 Disensor, Netter Salahkan KPI

Tayangan Puteri Indonesia 2016 Disensor, Netter Salahkan KPITayangan Puteri Indonesia 2016 disensor @twitter.com/ferdiriva
Baru-baru ini para pemirsa di Tanah Air kaget melihat tayangan Puteri Indonesia 2016 disensor di televisi. Karena menganggap sensor tersebut kebablasan, netizen menganggap Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) adalah penyebab dari sensor yang kurang masuk akal tersebut. Tetapi KPI sendiri menampik tudingan itu.

KPI menjelaskan jika penyensoran dalam tayangan Puteri Indonesia 2016 beberapa waktu lalu bukan kebijakan dari KPI. KPI juga menegaskan bila pihaknya bukanlah lembaga sensor.
Lewat situs resminya, Rabu (24/2) KPI menjelaskan, "KPI Pusat tidak mengeluarkan kebijakan ataupun permintaan kepada lembaga penyiaran (stasiun televisi) untuk melakukan pengebluran terhadap tayangan Puteri Indonesia."

KPI juga menyatakan bila pihaknya tak akan menetapkan kebijakan yang melenceng dari Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS) tahun 2012. Selain Puteri Indonesia, KPI juga mengklarifikasi bahwa bukan pihaknya yang bertanggungjawab atas sensor di acara animasi maupun kartun.

"Dalam kesempatan ini, KPI mempersilahkan pihak media mengklarifikasi kepada stasiun televisi mengenai pengebluran pada beberapa program," sambung KPI. "Sehingga informasi yang disampaikan berimbang dan komprehensif."
hdk