Alasan Panduan di Aplikasi Selalu Suara Wanita

Alasan Panduan di Aplikasi Selalu Suara WanitaAplikasi panduan, Cortana @engadget.com
Tanpa kita sadari bahwa pada setiap panduan di aplikasi digital, seperti SIRI, Google Now atau Cortana selalu menggunakan suara wanita. Tahukah Anda alasannya?

Sebuah studi ilmiah menunjukkan bahwa masyarakat secara general merasa suara wanita lebih menyenangkan daripada suara pria, demikian dilansir CNN, Minggu (21/10).

Profesor dari Standford University, Clifford Nass mengatakan, "Sangat mudah untuk menemukan suara wanita yang disukai semua orang daripada suara pria yang disukai semua orang. Ini adalah fenomena yang tak bisa dipungkiri bahwa otak manusia dirancang untuk menyukai suara wanita."

Hal ini menurutnya sudah ada sejak manusia berada di dalam kandungan. Janin akan beraksi kepada suara dari ibunya daripada suara wanita lain. Anehnya, Janin tidak akan bereaksi dengan suara ayah.

Penyebab lainnya adalah karena pengaruh sejarah. Beberapa sumber mengatakan jika suara wanita dalam hal navigasi sudah ada sejak Perang Dunia II, di mana wanita dipekerjakan di pesawat bersama dengan para pilot pria, terbukti hal ini terjadi sampai saat ini.

Sebuah produsen mobil yang memasang suara otomatis di mobil juga menemukan dalam penelitian mereka bahwa masyarakat lebih suka diinstruksi oleh suara wanita.

Jika suara wanita lebih enak untuk didengar dalam sebuah instruksi, namun suara pria jauh lebih berwibawa jika digunakan untuk menyampaikan otoritas atau pesan satu arah. Contohnya dalam film narasi, di mana penonton selalu mendengarkan suara aktor yang terkesan berat dan tegas.

Teknologi saat ini memang sudah semakin canggih sehingga membutuhkan komunikasi dan hubungan antara manusia dengan teknologi itu sendiri. Sementara itu suara wanita dianggap yang paling tepat untuk menghubungkan manusia dan teknologi.
mks