Cara Obati Batuk Pada Anak Dengan Kompres Madu

Kamis, 25 Februari 2016 14:00
Cara Obati Batuk Pada Anak Dengan Kompres MaduIlustrasi batuk @simpleorganiclife.org
Batuk memang biasa dianggap sebagai penyakit yang sepele karena batuk sering kali dialami. Namun, batuk akan sangat mengganggu aktivitas, baik bagi anak kecil maupun orang dewasa karena akan menimbulkan perasaan tidak nyaman.

Lantas bagaimana untuk mengatasi batuk dengan cepat? Dilansir dari thehealthavengers.com, ada metode baru pengobatan batuk yaitu dengan menggunakan kompres madu. Untuk membuatnya pun tergolong mudah.

Bahan yang dibutuhkan:

1. Madu
2. Tepung
3. Minyak sayur
4. Plester
5. Kain kasa

Langkah-langkah pembuatan:

1. Campur tepung dengan sedikit madu sehingga cukup untuk mengompres tubuh anak. Campur hingga adonan tidak lengket di tangan.

2. Tambahkan sedikit minyak sayur dan ratakan campurannya.

Cara pembuatan kompres madu @theasianparent.com

3. Bungkus campuran dengan kain kasa dan letakkan pada sebuah plester besar.

4. Tempelkan di dada atau punggung anak, terutama sebelum tidur.

Cara pengobatan batu dengan kompres madu @theasianparent.com

Perlu diingat bahwa metode penyembuhan ini hanya digunakan untuk anak di atas 6 bulan.

Sementara Dr. Pradeep Raut, salah seorang dokter anak dan ahli perawatan pada bayi beresiko pada Kinder Clinic, Singapura, berpendapat bahwa sesungguhnya, belum ada data klinis yang mendukung apakah kompres madu benar-benar manjur untuk anak dan dewasa.

Meski demikian, ia menyebutkan bahwa beberapa laporan penelitian klinis menyebutkan bahwa madu sangat efektif untuk meringankan batuk di malam hari terutama bagi anak-anak, hanya saja jika madu tersebut diminumkan kepada anak, bukan dijadikan bahan kompres.

Ia juga mengingatkan bahwa anak di bawah 1 tahun tidak boleh meminum madu. Lebih lanjut Dr. Pradeep berkata, bahwa madu adalah bahan alami yang sangat murah, cukup aman, memiliki efek meringankan batuk, dan juga bisa sebagai antioksidan, meningkatkan pelepasan sitokin (protein kecil sebagai mediator dan pengatur imunitas), yang hasilnya adalah efek anti-mikroba.
(De)
Komentar