Peneliti: Tak Ada Planet Mirip Bumi

Peneliti: Tak Ada Planet Mirip BumiBumi @gamespot.com
Peneliti mengatakan jika sejauh ini kurang lebih ada 700 juta triliun planet di alam semesta dan beberapa di antaranya mirip Bumi.

Berbeda dengan pendapat sebagian besar ilmuwan itu, peneliti di Uppsala University, Swedia menyimpulkan bahwa dari sekian banyaknya planet di alam semesta ini tak satupun mirip dengan planet tempat manusia.

Astronom Erik Zackarisson dan timnya membuat sebuah simulasi komputer dengan melibatkan semua model planet yang ada di alam semesta. Dalam simulasi itu Zack membuat sebuah miniartur kondisi awal alam semesta, dilansir Engadget, Selasa (23/2).

Setelah itu ia memasukkan data terkait eksoplanet, termasuk hukum fisika yang mengatur alam semesta. Untuk melihat perkiraan kondisi masing-masing planet, Zack memajukan waktu dari miniatur tersebut sampai 13,8 miliar.

Ia melihat hal yang sangat mengejutkan. Dari 700 juta triliun planet yang diamati tak ada satupun planet yang berkembang seperti Bumi. Kebanyakan planet memiliki umur yang lebih tua, terlebih Bumi juga memiliki keunikan karena terletak di galaksi Bima Sakti.

Di sisi lain, peneliti dari Carnegie Observatories Andrew Benson mengatakan jika hasil dari penelitian yang dilakukan Zack sebenarnya memiliki banyak kemungkinan.

Hal ini disebabkan karena data eksoplanet masih banyak yang belum terungkap oleh manusia karena penelitian baru dilakukan dalam beberapa tahun terakhir. Selain itu ada pula hambatan dari sisi kemampuan instrumen yang digunakan.

Menurut Andrew masih banyak wilayah yang belum berhasil dijangkau oleh teleskop tercanggih saat ini, Kepler dan Spitzer. Namun Zack percaya jika simulasi yang mereka lakukan cukup akurat, apalagi perhitungan yang dilakukan sesuai dengan urutan dan kaidah termasuk ruang lingkup penelitian.
mks