Ke Mars Bisa Ditempuh Cuma 3 hari dengan Cara Ini

Ke Mars Bisa Ditempuh Cuma 3 hari dengan Cara IniIlustrasi @thetechjournal.com
Bumi memang memiliki jarak yang sangat jauh dengan planet Mars. Namun perjalanan ke planet merah tersebut bisa saja dilakukan dalam waktu yang sangat singkat, yakni tiga hari.

Seperti itulah setidaknya yang dikatakan oleh salah satu peneliti NASA, Philip Lubin. Kemungkinan tersebut bisa saja dilakukan asalkan pesawat antariksa yang terbang ke planet Mars didorong dengan teknologi sistem layar raksasa berbasis laser.

Dilansir Science Alert, sistem layar raksasa laser ini menurutnya bisa menggerakkan pesawat antariksa dengan cepat dari momentum foton atau partikel cahaya dari bumi, bukan dari matahari.

Lubin mengatakan, "Partikel cahaya ini punya energi dan momentum yang bisa memantul di sebuah objek. Momentum tersebut bisa tercipta ketika pantulan ada di dalam dorongan yang kecil, yang nantinya akan menjadi besar ketika direfleksikan pada layar. Inilah yang bisa membantu akselerasi pesawat antariksa lebih cepat dan gradual."

Lubin bersama timnya kini memang belum mengembangkan sistem tersebut. Namun ia telah mengkalkulasikan bahwa sistem itu bisa mengirim pesawat antariksa ke planet Mars dengan waktu yang sangat cepat.

"Sistem pendorong foton ini bisa membawa pesawat ruang angkasa setara dengan 30 persen kecepatan cahaya," ujarnya.

Namun, sistem pendorong laser tidak akan dirancang untuk mengirim manusia lebih jauh dari Mars atau ke jarak Interstellar, yakni jarak yang tidak diprediksi di Tata Surya.
mks