Kreatif, Mahasiswa UB Bikin Odol dari Cangkang Telur

Kreatif, Mahasiswa UB Bikin Odol dari Cangkang TelurRhezaldian Eka Darmawan @liputan6.com
Mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) Malang, Rhezaldian Eka Darmawan (21), berhasil membuat inovasi yang cukup kreatif, yakni pasta gigi dari bahan dasar cangkang kulit telur. Exceldent Eggsell Tooth Paste, demikian ia menyebutnya.

Mahasiswa semester empat jurusan Teknik Kimia ini sudah memiliki ide tersebut empat tahun lalu saat ia masih berada di SMA, di mana ayahnya adalah seorang penjual telur. "Banyak limbah kulit telur yang dihasilkan, tetapi tidak termanfaatkan," ujarnya.

Ia pun memutar otak bagaimana caranya bisa memanfaatkan cangkang telur itu untuk hal yang lebih bermanfaat. Mengetahui cangkang telur mengandung banyak kalsium, Rheza kemudian memutuskan untuk membuat pasta gigi.

Pria kelahiran Malang 22 Maret 1995 ini mengatakan jika pembuatan pasta gigi dari cangkang telur tidak lama juga mudah, "Cangkang harus dalam kondisi kering, sebelum kemudian ditumbuk sampai halus hingga 200 mesh," katanya.

Kemdian, cangkang tersebut dicampur dengan beberapa bahan seperti mint, magnesium karbonat, serta sorbitol. Adonan dari campuran ini nantinya akan mengental dan siap digunakan.

Rezha mengatakan, "Cangkang telur ayam memiliki kandungan kalsium 27 ribu ppm (part per million). Jika pasta gigi di pasaran memakai kalsium karbonat sintesis yang kandungannya hanya 22 ribu ppm."

Rheza pun kini telah menjual pasta gigi tanpa pengawet tersebut kepada tetangganya dengan isi 120 gram berharga Rp 7.000. Pasta gigi ini menurut Rezha memiliki keunggulan kandungan kalsium dibanding dengan pasta gigi yang beredar di pasaran.

Tak hanya itu, ia juga menegaskan jika pasta gigi ini ramah lingkungan dan tidak menimbulkan busa. "Pasta gigi aman dan bisa tahan sampai satu bulan," lanjutnya.

Karya ini telah mengantarkan Rezha untuk mendapat medali emas pada ajang International Young Inventor's Award (IYIA) 2015. Pasta gigi buatan Rezha ini bahkan juga pernah dipamerkan dalam gelaran Kaushiong Internasional Design Expo di Taiwan.
mks