Alasan Orang Dulu Tak Pernah Senyum Saat Difoto Terkuak

Alasan Orang Dulu Tak Pernah Senyum Saat Difoto TerkuakFoto lama @petapixel.com
Seperti yang sering kita temui pada foto-foto lama, terutama yang masih hitam putih, tak ada senyum lebar dari orang-orang yang ada pada foto tersebut. Sementara sekarang banyak foto yang memamerkan berbagai gaya ditambah dengan senyuman. Mengapa demikian?

Orang dulu yang sedang difoto selalu dalam posisi duduk menghadap serta ekspresi wajah serius tanpa senyum. Hal ini ternyata bukan tanpa alasan. Ada beberapa hal yang mampu menjelaskannya.

Pertama, orang dahulu masih baru dalam hal teknologi fotografi sehingga mereka tidak yakin untuk membuat foto mereka dan pada beberapa kebudayaan dipercaya bahkan berfoto dapat mengurangi usia mereka.

Kedua adalah kurang canggihnya kamera sehingga perlu waktu pemotretan yagn sangat lama. Hal ini membuat orang yang difoto menjadi tegang dan serius, bahkan terkadang terlihat kelelahan menunggu difoto yang bisa menghabiskan waktu hingga 30 menit.

Alasan terakhir adalah untuk menyembunyikan gigi. Di masa lalu, berfoto dengan wajah tersenyum dan menunjukkan gigi merupakan sebuah hal yang tidak berwibawa. Karena itulah, setiap pose seseorang dalam berfoto tidak akan menampilkan gigi mereka.

Selain teknologi belum canggih, masyarakat dahulu sangat menjunjung tinggi budaya yang berkembang pada masa itu, seperti tersenyum adalah hal yang membuat mereka tidak berwibawa.
mks