Balon Internet Google Terjatuh di Sri Lanka

Balon Internet Google Terjatuh di Sri LankaLoon Google @theaustralian.com.au
Balon Internet Google atau Loon Project dilaporkan telah mengalami kecelakaan dan terjatuh di sebuah kebun teh di Sri Lanka. Warga yang menemukannya kemudian mengumpulkan bagian balon dan membawanya ke kantor polisi setempat.

Kendati demikian, Kepala Information and Communication Technology Agency (ICTA) Sri Lanka, Muhunthan Canagey mengatakan jika jatuhnya Google Loon ini bukan sebuah kecelakaan, melainkan sesuai jadwal dan secara terkendali, dilansir The Indian Express.

"Balon mendarat dengan aman, sesuai dengan prosedur operasional srandar di Ika. Pendaratan juga disebut sebagai bagian dari pengujian yang telah ditetapkan," ujar Canagey.

Senin (15/2) lalu, tiga balon Google yang diberangkatkan dari Amerika Serikat telah memasuki kawasan Sri Lanka. Proyek ini adalah bagian dari perencanaan gabungan antara raksasa internet asal Amerika Serikat, Colombo.

Google Loon Project sendiri adalah upaya Google untuk menghadirkan internet gratis berkecepatan tinggi di beberapa wilayah terpencil yang tak terjangkau internet memanfaatkan balon helium.
mks