Berkat Google Cardboard, Wanita Buta Bisa Melihat Kembali

Berkat Google Cardboard, Wanita Buta Bisa Melihat KembaliWanita buta bisa melihat dengan Google Cardboard @youtube.com
Untuk melihat bagaimana teknologi virtual reality bekerja, Google telah mengembangkan perangkat optik sederhana yang disebut dengan Cardboard. Meski sederhana, perangkat ini sebelumnya telah berhasil menyelamatkan nyawa seorang bayi.

[Baca: Nyawa Bayi Selamat Berkat Google Cardboard]

Berbeda lagi dengan hal itu, kali ini seorang wanita paruh baya, Bonny yang tidak bisa melihat mendadak mampu melihat kembali berkat perangkat optik Google Cardboard.

Bonny sendiri sudah menderita penyakit Stargardt Disease sejak delapan tahun lalu. Penyakit ini merupakan kebutaan yang disebabkan oleh sel photoreceptor di retina mata mati, dilansir 9togoogle, Minggu (21/2/2016).

Dalam kasus kali ini Bonny mampu melihat kembali hanya dengan menggunakan Google Cardboard dan aplikasi gratisan yang bisa diunduh di Google Play Store, Near Sighted VR Augmented Aid.

Bonny mengaku jika awalnya pemandangannya tampak samar, namun ketika ia hendak fokus melihat, gambar dari video itu semakin terpampang jelas. Aplikasi tersebut secara tak langsung menghadirkan stereoscopic image yang direkam langsung dari kamera utama smartphone yang tersemat pada Cardboard.

Dengan begitu, sel retina di mata Bonny akan terangsang dengan permainan warna dan dua layar split terpisah dari video tersebut. Meski sederhana, namun wanita ini pun tampak sangat bahagia, terlihat pada video yang diunggah di YouTube berikut ini!

mks