Asus Geser Samsung Kuasai Pasar Indonesia

Asus Geser Samsung Kuasai Pasar IndonesiaSmartphone Asus @ubergizmo.com
Samsung mungkin boleh bangga dengan pangsa pasar yang mereka kuasai di Indonesia sampai kuartal ketiga 2015 lalu. Namun pencapaian tersebut ternyata telah tergeser oleh Asus yang kini berhasil menjadi pemimpin penjualan ponsel di Tanah Air.

Data yang dirilis oleh IDC Quarterly Mobile Phone Tracker menunjukkan bahwa pangsa pasar Asus di akhir tahun lalu mencapai 21,9 persen atau naik 11 persen dari tahun 2014.

Senior Market Analyst Mobile Phone IDC, Reza Haryo mengatakan, "Asus mengapalkan smartphone dalam jumlah lebih besar pada kuartal empat 2015, karena beberapa model ponsel baru yang diluncurkan di akhir kuartal tiga 2015 pengirimannya sampai pada kuartal empat 2015."

Model baru smartphone Asus seperti Zenfone Go dan Zenfone Selfie menurut Reza menjadi salah satu faktor terdongkraknya penjualan perangkat Asus.

"Asus juga melakukan tindakan pre-emptive dengan menumpuk banyak stok ponsel Zenfone di Indonesia sebelum izin impor Asus habis di kuartal empat," ujarnya.

Secara detil, Asus kini menjadi pemimpin pangsa pasar Indonesia dengan data seperti berikut ini: Asus (21,9 persen), Samsung (19,7 persen), (Smartfren: 9,7 persen), Lenovo (9,2 persen), Advan (8,8 persen), lain-lain (30,7 persen).
mks