Ini Alasan Format RAW Lebih Bagus dari JPG di Kamera

Ini Alasan Format RAW Lebih Bagus dari JPG di KameraKamera @zeduj.wordpress.com
Sebagian besar fotografer mengakui jika format RAW lebih bagus dibanding dengan format JPG. Namun tahukah Anda apa yang membedakan kedua format tersebut?

Peta Pixel telah membuat demonstrasi visual tentang perbedaan antara format RAW dan JPG. Jurnalis bernama Austin Paz itu hanya memotret menggunakan Cannon 70D dalam keadaan lensa tertutup. Ia memotret dua format berbeda untuk sebuah gambar gelap, dilansir Gizmodo.

Kemudian, ia melakukan editing terhadap dua gambar tersebut menggunakan aplikasi Photoshop dengan cara meninggikan exposure untuk melihat jumlah noise di dalam kedua format tersebut.



Secara mengejutkan hasilnya berbeda sangat jauh, kedua gambar itu benar-benar seolah menampilan objek yang tidak sama.

Gambar berformat RAW memiliki noise yang jauh lebih sedikit dibanding dengan JPG. RAW mempunyai noise yang sangat seragam di semua spektrum, sementara JPG memiliki bayangan yang terlihat tidak konsisten dan warga tidak stabil.

Kesimpulan dalam percobaan ini adalah gambar dengan format RAW jauh lebih bagus dan berkualitas. Untuk itu, prioritaskan gambar kamera Anda ke Format RAW meski membutuhkan memori yang cukup besar.
mks