Tiongkok Gusur 9 Ribu Warga Demi Teleskop Alien

Tiongkok Gusur 9 Ribu Warga Demi Teleskop AlienAperture Spherical Radio Telescope @dailymail.co.uk
Penelitian mengenai alien beberapa tahun ini memang semakin gencar. Hal ini pula yang saat ini tengah difokuskan oleh pemerintahan Tiongkok. Mereka kabarnya hampir menyelesaikan teleskop raksasa yang bisa memantau kehidupan di luar bumi.

Bahkan, untuk membangun teleskop bernama Aperture Spherical Radio Telescope ini, pemerintah harus melakukan tindakan pengorbanan. Sebab, ukuran teleskop ini disebutkan memiliki diameter 500 meter.

Pengorbanan yang dimaksud adalah dengan penggusuran setidaknya 9 ribu warga Tiongkok, hal ini karena lokasi pembangunan terletak di dekat pemukiman warga di barat daya Provinsi Guizhou.

Sepanjang 5 Km dari lokasi tersebut rencananya akan dibuat keperluan teleskop tersebut. Pemerintah setempat pun akan memberikan dana prelokasi dengan membayar sekitar Rp 24,1 juta kepada warga yang tergusur.

Di sisi lain, Aperture Spherical Radio Telescope yang telah menelan biaya pembuatan sekitar 1,2 miliar yuan atau Rp 2,4 triliun ini diperkirakan akan selesai dan beroperasi pada tahun 2016 ini.
mks