Rumah Murah Jokowi, DP Rp 13 Juta Diminati Anak Muda

Rumah Murah Jokowi, DP Rp 13 Juta Diminati Anak MudaRumah murah program unggulan Pemerintah Jokowi-JK @detik.com

Salah satu program unggulan Pemerintah Jokowi-JK adalah pembangunan sejuta rumah untuk rakyat Indonesia. Adapun rinciannya, 603.516 unit rumah bagi MBR (Masyarakat Berpenghasilan Rendah) dan 396.484 unit non MBR.

Program sejuta rumah ini merupakan kabar baik bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Sebab, pemerintah memberikan subsidi dengan harga dan cicilan yang sangat ringan.

Untuk mendapatkan rumah ini juga tidak rumit. Calon pembeli cukup menyiapkan beberapa syarat agar permohonan membeli rumahnya disetujui.

Salah satu rumah subsidi milik Grand Sutera yang berlokasi di Leuwilang-Bogor, harga jual rumah sekitar Rp 133 juta dengan uang muka Rp 13 juta.

"Cicilan uang muka juga diangsur selama 6 bulan," ujar Sales Marketing Iis Sri.

Sri menambahkan, syarat pengajuan rumah subsidi cukup melampirkan data pribadi seperti pas foto, foto copy KTP, kartu keluarga, NPWP, dan slip gaji.

"Prosesnya sekitar semingguan selesai, tinggal menunggu rumah dalam bentuk jadinya sekitar akhir tahun kalau di perumahan kami," jelas dia.

Tak hanya itu, pengembang juga memberikan kemudahan lain berupa pengembalian uang tanda jadi apabila pembeli membatalkan pengajuan rumahnya.

Mayoritas pemohon rumah subsidi adalah anak muda karena digunakan berinvestasi.

"Anak muda sudah ada 150 yang beli, kami menyediakan 1.500 unit, dan kan dibangun tahap awal 400 unit," ungkapnya. Demikian dilansir dari Merdeka, Rabu (17/2).

Nay