Jembatan 'Horor' di Banten Kini Jadi Kinclong, Diganti Jembatan Beton

Jembatan 'Horor' di Banten Kini Jadi Kinclong, Diganti Jembatan BetonJembatan gantung di Banten sempat mendunia @kompas.com

Beberapa waktu lalu muncul foto sejumlah pelajar SD yang bergelantung di sebuah jembatan reyot di Banten. Fenomena itu membuat miris banyak pihak sebab para bocah itu harus bertaruh nyawa untuk pulang pergi dari dan ke sekolahnya.

Namun kini pemandangan itu sudah berganti. Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani, meresmikan jembatan yang berada di Desa Kolelet Wetan, Lebak, Banten, Rabu (17/2).

Jembatan di desa ini dibuat dengan rangka baja yang kuat. Lokasinya hanya berjarak 100 meter dari jembatan reyot yang dijuluki jembatan horor oleh media luar negeri.

"Semua, 10 jembatan gantung yang baru, dibuat dari rangka baja," kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono saat peresmian.

Jembatan baru ini memiliki panjang 132 meter dengan lebar 1.7 meter, kontruksinya full rangka baja dan beton pilihan.

-jembatan-banten

Kementerian PUPR tak hanya membangun satu jembatan ini saja, bersamaan, di luar Jawa Pemerintah membangun sekitar 60 jembatan gantung.

"Karena kami tidak mau Jawa sentris," tegas Basuki.

Pemerintah menganggarkan dana sebesar Rp 45,56 miliar dari APBN 2015 untuk membiayai pembangunan 10 jembatan yang diresmikan Kementerian PUPR antara lain Jembatan Kolelet, Ranca Wiru, Leuwi Loa, Cisimeut, Cigeulis, Cidikit, Cicariu, Bojong Apus, Cihambali, dan Cidadap.

Nay