Terpidana Mati di Vietnam Sengaja Hamil Buat Lolos Eksekusi

Terpidana Mati di Vietnam Sengaja Hamil Buat Lolos EksekusiIlustrasi @kompas.com

Nguyen Thi Hue, terpidana mati kasus narkoba asal Vietnam menemukan jalan untuk menunda eksekusinya. Wanita 42 tahun itu sengaja membuat dirinya hamil dari sperma yang dia beli dari seorang narapidana pria.

Hue sendiri didakwa atas kasus perdagangan narkoba 2012 dan dijatuhi hukuman mati pada 2014. Dia membeli sperma itu dan menyuntikannya ke dalam organ reproduksinya sampai dia hamil dari pria berusia 27 tahun.

Sesuai undang-undang Vietnam, wanita hamil atau memiliki anak di bawah usia 3 tahun tidak diperbolehkan dihukum mati. Namun hukumannya diubah menjadi penjara seumur hidup.

Akibat lain dari kasus ini, empat sipir di penjara Provinsi Quang Ninh, kehilangan pekerjaan. Mereka dipecat sebab dianggap lalai dalam menjalankan tugas menjaga Hue.

Kasus serupa juga pernah menggegerkan Vietnam pada 2007 silam. Dua sipir penjara di Provinsi Hoa Binh melakukan kongkalikong dengan mengizinkan seorang napi perempuan yang dihukum mati untuk hamil atas bantuan napi pria. Demikian dilansir dari Asiaone, Rabu (17/2).

Nay