Dikunjungi Jokowi, Ini Rencana Google untuk Indonesia Sampai 2020

Dikunjungi Jokowi, Ini Rencana Google untuk Indonesia Sampai 2020Presiden Jokowi dan CEO Google, Sundar Pichai @kompas.com
Selain mengunjungi kantor Facebook, Presiden Jokowi ketika di Amerika Serikat juga menyempatkan diri untuk blusukan ke markas besar Google. Kehadiran orang nomor satu Indonesia ini disambut langsung oleh CEO Google, Sundar Pichai bersama dengan para petinggi Google.

Dalam pertemuan bersama para eksekutif Google ini, mereka membahas rencana Google untuk membantu melatih 100 ribu pengembang mobile di Indonesia hingga tahun 2020 mendatang.



Hal ini dilakukan untuk program yang sudah dilakukan Google untuk mendukung pengembang dalam penggunaan Google Play dalam misi menjangkau 1 miliar pengguna di seluruh dunia.

Google akan menjalin hubungan kerjasama yang erat bersama dengan pemerintah Indonesia melalui tiga upaya utama untuk mencapai jumlah 100 ribu pengembang dalam waktu empat tahun ke depan.

Google akan menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi untuk menjangkau ilmu komputer di tahun terakhir mereka dan menerapkan kurikulum selama satu semester mengenai cara mengembangkan aplikasi Android yang berkualitas.



Selanjutnya, mereka juga sedang mengembangkan semua kursus Udaciti terpenting ke Bahasa Indonesia untuk membantu setiap pengembang di Indonesia membuat aplikasi. Kursus ini akan diajar langsung oleh instruktur ahli dari tim Developer Relations Google yang bisa diakses di perangkat apa saja secara gratis.

Terakhir, Google akan memperpanjang sesi komunitas studi yang telah sukses yang dikenal dengan nama Indonesia Android Academy, yakni kelompok belajar yang lebih intensif dan dipimpin oleh fasilissator yang juga menyediakan hubungan bagi pengembang pada semua tingkatan.

Indonesia Android Academy rencananya akan didirikan di lima kota besar di Indonesia, yakni Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, dan Surabaya.
mks