Jokowi ke Kantor Facebook, Mark Zuckerberg Ingat Blusukan ke Pasar

Jokowi ke Kantor Facebook, Mark Zuckerberg Ingat Blusukan ke PasarPresiden Jokowi dan Mark Zuckerberg @twitter.com
Seperti yang kita tahu, Presiden Jokowi telah berangkat ke Amerika Serikat pada 16 Februari lalu. Beliau pun juga melakukan tour ke kantor Facebook di Menlo Park, Silicon Valley pada Rabu 17 Februari.

Presiden Jokowi disambut oleh para petinggi Facebook menuju lantai 2 building 20 menggunakan tangga dan meninjau sejumlah tempat termasuk layar yang menampilkan aktivitas pengguna Facebook.

Kemudian Presiden Jokowi menuju sejumlah ruangan, termasuk Ruang Odd Job, Roof Top Gardern, hingga meninjau lokasi OVR demonstrasi platform interaksi virual buatan Facebook.

Beliau juga sempat bertemu dengan beberapa pekerja Facebook dari Indonesia. Setidaknya ada 15 pegawai yang sebagian besar adalah pemuda. Mereka bertemu secara singkat dan berfoto bersama sembari menanyakan hal-hal ringan.

Kepada satu persatu pekerja presiden bertanya, "Sudah berapa lama kerja di sini?" Ada yang menjawab sudah bekerja selama empat tahun, ada pula yang menjawab baru tujuh bulan berada di sana.

"Saat ini hampir ada sekitar 20 pekerja asal Indonesia di Facebook. Hampir seluruhnya adalah anak muda," ujar salah seorang WNI yang bekerja di Facebook, Wahyu Dinata Setiawan (34).

Saat itu pula CEO Facebook, Mark Zuckerberg hadir menemui presiden di Roof Top Garden. Mark bercerita mengenai awal pertemuannya bersama Jokowi di Indonesia. Ia begitu terkesan ketika diajak berkeliling untuk menyapa warga di pasar tahun lalu.

Di akun Facebook pribadinya, Mark mengatakan, "Pertama kali bertemu Presiden Widodo di Jakarta beberapa tahun lalu ketika dia membawa saya blusukan. Dia (Jokowi) bertemu dan berhubungan langsung dengan orang-orang di seluruh negaranya. Kami pergi ke pasar bersama dan dikelilingi ratusan orang. Ini adalah yang paling berkesan dalam hidup saya."

Selain mengenang hal itu, pemuda terkaya di dunia ini juga mengungkapkan rencana kerjasamanya bersama pemerintah Indonesia, serta betapa senangnya presiden Jokowi telah berkunjung ke kantor Facebook. "Suatu kehormatan bisa bertemu kembali dengan Presiden Jokowi," ujarnya.
mks