Ilmuwan Temukan Cara Hilang Ingatan

Ilmuwan Temukan Cara Hilang IngatanIlustrasi @wickedlywelsh.co.uk
Setiap orang pasti mempunyai kenangan buruk dalam hidupnya sehingga mereka berpikir agar hilang ingatan. Keinginan untuk hilang ingatan kini bukan isapan jempol belaka karena ilmuwan sudah menemukan solusinya.

Mereka menemukan cara menghapus ingatan atau kenangan secara permanen dari kepala kita, mengubah kenangan yang tidak menyenangkan, serta menciptakan kenangan yang sama sekali baru dari peristiwa yang tak pernah dialami, seperti dilansir Telegraph.

Meski terdengar mustahil, namun dalam sebuah film dokumenter baru yang diputar pertama kali di Amerika Serikat terlihat bahwa ilmuwan benar-benar menemukan cara tersebut.

Film dokumenter dari NOVA berjudul Memory Hackers tersebut memunculkan sisi penelitian mutakhir ke dalam sifat dasar ingatan manusia, dan bagaimana hal itu bisa dimanipulasi untuk kepentingan manusia.

Sang pembuat film mengatakan, "Untuk sebagian besar sejarah manusia, ingatan telah dilihat sebagai tape recorder yang setia mencatat informasi dan memutarnya kembali secara utuh."

"Tapi sekarang, para peneliti menemukan ingatan jauh lebih lunak, yang selalu ditulis dan ditulis ulang, bukan hanya oleh kami, tetapi juga oleh orang lain. Kami menemukan mekanisme yang dapat menjelaskan dan bahkan mengendalikan ingatan kita secara tepat," imbuhnya.

Salah satu subjek dokumenter ini, Jake Hausler (12) asal AS mengaku bisa mengingat hampir setiap hal yang ia alami sejak usia 8 tahun. Sebelumnya ia adalah penderita Highly Superior Autobiographical Memory, yang membuat ia sulit membedakan peristiwa sepele dan penting di masa lalu.

Ilmuwan syaraf terkemukas yang saat ini meneliti studi serupa, Andre Fenton mengatakan, "Melupakan (ingatan, red.) mungkin salah satu hal terpenting yang otak akan lakukan. Pemahaman kita soal ingatan manusia seperti fenomena gunung puncak gunung es."

Selain itu, profesor psikologi di London South Bank University, Julia Shaw juga telah merancang sistem untuk menanamkan kenangan buatan dan berhasil meyakinkan subjek yang telah melakukan kejahatan seolah mereka tidak pernah melakukannya.
mks