Begini Pelat Nomor Kendaraan yang Bisa Ditilang

Begini Pelat Nomor Kendaraan yang Bisa DitilangIlustrasi @kaskus.co.id
Belakangan ini banyak ditemukan Penggunaan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) alias pelat nomor tidak sesuai dengan ketentuan aturan dari pihak Polri, demikian kesimpulan yang didapat Polda Metro Jaya.

Kasubdit Bin Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Budianto mengatakan jika ada tujuh poin penggunaan TNKB yang tidak sesuai dengan peraturan Polri.

Setiap pengendara motor atau mobil wajib menggunakan TNKB yang memenuhi syarat bentuk, ukuran, bahan, warna, dan cara pemasangan seperti yang tercantum dalam pasal 68 Undang-undang No 22 Tahun 1999 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Ia mengatakan, "Setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan dan tidak dipasangi pelat nomor sesuai dengan yang ditentukan polisi, maka akan ditindak."

"Bagi yang melanggar akan dikenakan pasal 280 UU yang sama, yakni denda paling banyak Rp 500.000 atau kurungan dua bulan," lanjutnya.

Oleh karena itulah pengguna kendaraan baik roda dua maupun empat agar menggunakan pelat nomor biasa yang dikeluarkan oleh pihak kepolisian saat pertama membeli kendaraan.

Berikut ini ketentuan penggunaan TNKB yang tidak sesuai dengan peraturan:

TNKB dengan Huruf atau Angka Ditebalkan Hingga tak Bisa Dibaca

TNKB dengan Huruf atau Angka Ditebalkan Hingga tak Bisa Dibaca
mks