Twitter Bentuk Dewan Khusus Hadapi Kejahatan Online

Twitter Bentuk Dewan Khusus Hadapi Kejahatan OnlineTwitter @dailymail.co.uk
Belum lama ini media sosial Twitter mengumumkan bahwa pihaknya sudah memblokir 125 ribu akun terkait tindakan terorisme. Namun, rupanya hal itu belum cukup bagi Twitter untuk memerangi teroris dan kejahatan di dunia maya.

Twitter bahkan membuat dewan khusus dengan nama Twitter Trust and Safety Council untuk memberi reaksi terhadap segala gangguan dan kejahatan yang ada di jejaring sosial mereka, seperti dilansir Cnet.

Platform yang dipimpim oleh Jack Dorsey tersebut selama ini memang menjadi media yang cukup ampuh untuk kegiatan penyebaran propaganda serta tindakan Bullying. Dengan alasan itulah dewan ini kemudian diresmikan oleh kepala kebijakan global Twitter, Patricia Cartes.

Dewan ini setidaknya mencakup lebih dari 40 organisasi. Twitter Trust and Safety Council akan berperan sebagai wadah yang bertujuan untuk membuat pengguna Twitter lebih aman, serta menjunjung tinggi kebebasan berekspresi.

Belakangan ini telah terjadi beberapa insiden dan hinaan terkait Twitter yang bahkan menarik perhatian dunia. Salah satu contohnya, sutradara Avengers: Age of Ultron Joss Whedon yang tutup akun karena tak tahan hinaan fans Marvel atas rasa tidak puas mereka terhadap film tersebut.

Contoh lain yang lebih parah, putri dari mendiang Robin Williams, Zelda Williams juga akhirnya pergi meninggalkan Twitter lantaran tak kuat melihat komentar-komentar negatif yang mengaitkan keputusan sang ayah untuk bunuh diri.

Dewan keamanan bersama dengan Kepercayaan Twitter nantinya akan mempunyai fokus untuk mengatasi tiga hal penting, yakni perkembangan anak dalam menggunakan internet, berusaha membangun kebiasaan pengguna Twitter yang baik sejak awal, serta fokus pemberantasan kekerasan dan intimidasi.
mks