Apple Benahi Bug Mematikan '1 Januari 1970'

Apple Benahi Bug Mematikan '1 Januari 1970'iPhone @cultofmac.com

Tidak sedikit pengguna iPhone yang mengalami kerusakan total pada perangkat mereka setelah mengatur tanggal ke 1 Januari 1970. Kini, Apple telah berupaya memperbaiki bug mematikan tersebut.

Sebelumnya, bug aneh ini akan membuat iPhone tidak bisa digunakan jika pengguna mengatur pada tanggal tersebut. Sebagian pengguna bahkan tertipu karena pada sebuah post disebutkan bahwa mengubah ke tanggal itu bisa menggunakan logo Apple retro, demikian dilansir Wired.

Youtuber Tom Scott menjelaskan alasan bagaimana bisa iPhone rusak total ketika mengubah ke tanggal 1 Januari 1970. Menurutnya tanggal itu adalah tanggal pertama dalam sistem Unix, sementara di iPhone, waktu dihitung dalam hitungan detik, yakni dengan menghitung berapa detik yang telah berlalu sejak tahun tersebut.

Dengan mengatur ke 1 Januari 1970, maka nilai waktu akan menjadi nol, sehingga membuat iPhone menjadi tidak bisa digunakan. Apple sendiri sejauh ini belum mengonformasi jika alasan itu yang menjadi penyebab bug mematikan ini.

Ada tiga pilihan yang bisa Anda lakukan jika Anda termasuk dari korban bug ini, yakni Mencabut baterai (tindakan berisiko), membiarkan iPhone kehabisan baterai, serta menunggu update dari Apple.

[Baca: Jangan Ubah Tanggal iPhone ke 1 Januari 1970, Bisa Rusak Total]

mks