Video Visualisasi Gerhana Matahari Total di Indonesia

Video Visualisasi Gerhana Matahari Total di IndonesiaVisualisasi Gerhana Matahari Total di Indonesia @youtube.com
Indonesia akan menjadi pusat perhatian dunia pada 9 Maret 2016 nanti, di mana akan terjadi fenomena langka Gerhana Matahari Total (GMT) yang melewati 11 provinsi tanah air.

Peneliti dunia seperti NASA pun telah mempersiapkan segala yang diperlukan untuk meneliti sekaligus mendokumentasikan fenomena ini.

Dilansir Astronomynow, ilmuwan Goddard Space Flight Center NASA di Maryland, Sarah Jaeggli mengatakan, "Anda melihat sinar matahari mati karena Anda mencapai totalitas. Lingkungan Anda akan berubah menjadi senja, meskipun saat itu siang hari dan langit masih biru."

Peneliti mengatakan jika fenomena tersebut akan bisa dilihat antara satu menit sampai hampir empat menit saja, meski sejatinya matahari akan terjadi selama tiga jam mulai dari Indonesia bagian barat sampai timur.

Sarah Jaeggli yang sudah menyaksikan fenomena ini dua kali mengatakan, "Bulan menghalangi cahaya permukaan matahari sangat-sangat tepat. Anda dapat melihat semuanya, sampai ke akar korona, yang memenuhi permukaan matahari."

Diketahui sebelumnya, 12 Provinsi di Indonesia yang akan melihat fenomena ini adalah Bengkulu, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Jambi, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah dan Maluku Utara.

Lihat video visualisasi Gerhana Matahari di atas dan di bawah ini!

mks