Wikipedia Akan Punya Mesin Pencari Sendiri

Wikipedia Akan Punya Mesin Pencari SendiriKonsep mesin pencari Wikipedia @theregister.co.uk
Wikimedia Foundation selaku Perusahaan induk ensiklopedia online Wikipedia kabarnya telah memasuki tahap akhir untuk merilis mesin pencari mandiri. Namun demikian, perusahaan asal AS tersebut membantah jika mesin pencarinya sama dengan Google.

Rencana Wikimedia Foundation mengembangkan mesin pencarian lebih dulu bocor dari sebuah dana yang diterima senilai USD 250 ribu atau Rp 3,36 miliar dari yayasan Knight, seperti dilansir The Register.

Wikimedia sendiri sebelumnya merencanakan bahwa mereka akan menggalang dana sampai dengan USD 2,5 juta atau Rp 33 miliar untuk menciptakan sebuah mesin pencari canggih. Jika benar, maka dana ini merupakan dana bantuan pertama yang diterima Wikipedia.

Pendiri Wikipedia, Jimmy Wales mengatakan jika tujuan menciptakan mesin pencari ini adalah untuk membangun sistem guna mencari informasi dari kumpulan ensiklopedia yang ada di internet.

Pihaknya perlahan akan mengubah konsep Wikipedia yang nantinya akan berubah dair ensiklopedia online menjadi sebuah portal informasi terbuka untuk masyarakat. Sayangnya sejauh ini tidak ada informasi lain mengenai kapan mesin pencari ini akan rampung dan diluncurkan.
mks