Ada Tampar-Menampar, Katakan Putus Trans TV Ditegur KPI

Ada Tampar-Menampar, Katakan Putus Trans TV Ditegur KPIKatakan Putus @twitter.com
Program Katakan Putus di Trans TV baru saja ditegur oleh KPI (Komisi Penyiaran Indonesia Pusat). Acara yang serupa Playboy Kabel ini dinilai telah melanggar peraturan walau sudah menayangkan sesuatu atas persetujuan pelapor dan terlapor.

KPI mendapati adanya pelanggaran dalam Katakan Putus episode (25/1) pukul 14.44 WIB.

"Program tersebut mengupas masalah pribadi (konflik asmara) pasangan anak muda secara detail dan terdapat adegan seorang perempuan yang menampar seorang laki-laki. Meskipun penayangan tersebut mendapatkan izin dari pihak berkonflik, namun lembaga penyiaran tidak dapat menyajikan materi kehidupan pribadi dalam seluruh isi mata acara. Program siaran dengan muatan konflik pribadi tidak layak untuk ditayangkan karena berdampak buruk bagi perkembangan psikologis anak-anak dan remaja. Jenis pelanggaran ini dikategorikan sebagai pelanggaran atas norma kesopanan, penghormatan terhadap hak privasi, perlindungan anak-anak dan remaja, serta penggolongan program siaran," demikian penjelasan KPI dalam surat edarannya.

"KPI Pusat memutuskan bahwa program tersebut telah melanggar Pedoman Perilaku Penyiaran Komisi Penyiaran Indonesia Tahun 2012 Pasal 9, Pasal 13, Pasal 14, dan Pasal 21 Ayat (1) serta Standar Program Siaran Komisi Penyiaran Indonesia Tahun 2012 Pasal 9 Ayat (2), Pasal 13 Ayat (1) dan (2), Pasal 14 huruf c, Pasal 15 Ayat (1), dan Pasal 37 Ayat (4) huruf a. Berdasarkan hal tersebut, KPI Pusat memutuskan menjatuhkan sanksi administratif Teguran Tertulis," imbuh KPI dalam surat dengan nomor 146/K/KPI/02/16.

KPI berharap pihak Trans TV segera mengevaluasi program Katakan Putus dan tak melakukan kesalahan semacam itu di masa mendatang.
hdk