Peliharaan Orang Kaya China, Monyet Langka Sebesar Jempol

Peliharaan Orang Kaya China, Monyet Langka Sebesar JempolMarmoset Katai @flickriver.com
Miliarder di China sepertinya sudah bosan memiliki banyak mobil mewah sehingga mereka mempunyai hobi lain yang tak kalah menghebohkan. Kini, miliarder China sedang tren memelihara marmoset katai atau kera langka yang hanya berukuran sebesar ibu jari orang dewasa.

Hewan dengan nama latin Cebuella pygmaea ini menjadi perimata terkecil di dunia dengan berat maksimal hanya 100 gram. Selain itu, marmoset katai terbilang sangat sedikit jumlahnya di hutan sepanjang aliran Sungai Amazon, Amerika Selatan.

Kera yang jumlahnya semakin menipis dan terancam punah tersebut bisa didapatkan jika miliarder merogoh dana sebesar USD 4.559 atau sekitar Rp 62 juta. Perlu diketahui jika transaksi ini dilakukan dengan cara ilegal.

Hewan mungil ini mendapat julukan 'kera ibu jari' dan kini menggantikan cincin berlian di jari orang-orang kaya, demikian dilansir People's Daily.

"Perkenalkan koleksi terbaru saya, Xiao Shen," ujar salah seorang pemilik toko perhiasa di China bernama Chen sambil mengunggah foto kera langka tersebut di media sosial Weibo.

Chen juga menegaskan jika harga primata itu adalah Rp 62 juta. Ia sendiri mengaku tidak peduli dengan legalitas jual beli perimata itu dan menganggapnya perhiasan biasa.

Seorang pejabat pemerintah mengatakan, "Membeli dan menjual hewan ini tentu saja ilegal. Negara akan segera menyelidiki masalah ini."

Selain ilegal, hewan yang didatangkan dari luar negeri seharusnya juga melalui proses karantina terlebih dahulu saat masuk ke negeri tirai bambu tersebut. Bagaimana tanggapan Anda mengenai hobi para miliarder ini?
mks