Hacker Remaja 15 Tahun Penyebar Data Pribadi FBI Ditangkap

Hacker Remaja 15 Tahun Penyebar Data Pribadi FBI DitangkapIlustrasi hacker @wdsu.com
Beberapa waktu lalu, pemerintahan Amerika Serikat heboh dengan tersebarnya lebih dari 30 ribu informasi pribadi agen pemerintahan, termasuk badan intelijen FBI. Kali ini, hacker yang terlibat dalam peretasan itu sudah ditangkap.

Hakcer yang ditahan oleh kepolisian adalah seorang remaja berusia 15 tahun asal Inggris. Sang hacker ditangkap atas tuduhan terkait 3 serangan siber berbeda, namun ketiganya berhubungan dengan agen Amerika Serikat.

Hacker tersebut menggunakan nama internet 'Cracka' dan merupakan pemimpin dari kelompok hacker yang disebut Crakas with Attitude, seperti dilansir SlashGear.

Pemuda tersebut diduga telah berhasil meretas email pribadi Direktur CIA, John Brennan pada Oktober tahun lalu. Selain itu Cracka juga dikatakan mampu meretas akun-akun milik Director of National Intelligence, James Clapper awal tahun 2016 lalu.

Crackas with Attitude mengatakan kepada Motherboard bahwa mereka-lah pihak yang bertanggung jawab atas penyebaran informasi pribadi dari para agen FBI maupun DHS.

Unit Kriminalitas Terorganisasi Kawasan Tenggara Inggris juga telah mengonfirmasi penangkapan Cracka dengan tuduhan berhubungan dengan serangan siber yang terjadi di Amerika Serikat. Namun, hacker remaja tersebut hanya ditanyai beberapa jam sebelum akhirnya dilepaskan tanpa syarat, seperti dilansir The Daily Dot.
mks