5 Perusahaan Telekomunikasi dengan Gaji Termahal

5 Perusahaan Telekomunikasi dengan Gaji TermahalKaryawan Call Center Telkomsel @viva.co.id
Komunitas online untuk berbagi informasi seputar dunia kerja dan perusahaan, JobPlanet merilis hasil analisis tingkat kepuasan pegawai perusahaan telekomunikasi di Indonesia terhadap gaji serta tunjangan yang mereka terima.

Dalam laporan tersebut diketahui setidaknya ada lima perusahaan yang memberikan kepuasan gaji dan tunjangan di atas rata-rata, yakni Telkomsel, Ericsson, Telkom, XL, serta Biznet.

Mekanisme yang dilakukan oleh JobPlanet adalah dengan mengambil sampel sepuluh perusahaan telekomunikasi yang telah mendapatkan review dari terbanyak dari para pegawai dan mantan pegawai mereka hingga akhir 2016 yang terlihat di website.

10 perusahaan tersebut adalah PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom), PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel), PT Indosat Ooredoo (Indosat), PT Sigma Cipta Caraka (Telkom Sigma), PT Ericsson Indonesia (Ericsson), PT Supra Primatama Nusantara (Biznet), PT XL Axiata Tbk (XL), PT Smartfren Telecom Tbk (Smartfren), PT Telkom Akses, dan PT Huawei Tech Invesment (Huawei).

Dari data yang terangkum, gaji staf teknis di perusahaan telekomunikasi mulai dari yang paling rendah dan yang tertinggi berkisar antara Rp 4,1 juta sampai Rp 7,6 juta.

Sementara untuk nonteknis, mulai dari yang paling rendah dan tertinggi adalah Rp 3 juta sampai Rp 8,2 juta. Gaji manajer teknis berkisar Rp 10,3 juta sampai Rp 20,75 juta. Sementara gaji manajer nonteknis berkisar Rp 9,75 juta sampai Rp 22,6 juta.

JobPlanet mengambil contoh rata-rata staf TI di tiga perusahaan operator terbesar di Indonesia seperti Telkomsel, XL, serta Indosat. XL menjadi yang paling mahal, yakni Rp 5,1 juta, sementara Telkomsel dan Indosat masing masing Rp 4,7 juta dan Rp 4,1 juta.

Untuk nonteknis, star Marketing di XL mendapat gaji sekitar Rp 5 juta, sementara Telkomsel dan Indosat sama-sama mendapat gaji Rp 4 juta.

Namun, dalam kesimpulan laporan ini menyebutkan bahwa tingkat kepuasan karyawan terhadap gaji dan tunjangan tertinggi pada kesepuluh perusahaan telekomunikasi dipimpin oleh Telkomsel dengan poin 3,9 diikuti dengan Ericsson (3,8), Telkom (3,7), XL (3,6), serta Biznet (3,5).

Total perusahaan telekomunikasi yang terdaftar dalam JobPlanet sampai dengan akhir Januari 2016 lalu adalah 280 perusahaan, termasuk perusahaan operator, penyedia perangkat jaringan, serta penyedia layanan infrastruktur dan jaringan internet.

Rata-rata tingkat kepuasan pegawai pada semua perusahaan tersbeut menurut JobPlanet mendapatkan poin 3,3 dari rating tertinggi 5,0. Yang perlu diperhatikan, setiap perusahaan memiliki kebijakan berbeda terkait tunjangan dan bonus yang diberikan kepada pegawai dan hal itu juga mempengarungi tingkat kepuasan mereka.
mks