Microsoft Kembali PHK Massal Karyawan Divisi Ponsel

Microsoft Kembali PHK Massal Karyawan Divisi PonselCEO Microsoft, Satya Nadella @bloomberg.com
Langkah Microsoft membeli Nokia pada tahun 2014 lalu sepertinya bukan keputusan yang tepat. Pasalnya, sejak saat itu Microsoft tidak pernah untung malah mengalami banyak kerugian. Aksi pemecatan massal pun menjadi solusi perusahaan untuk mengurangi biaya pengeluaran.

Bulan Februari ini, pemecatan dilakukan pada puluhan pegawai Microsoft di berbagai belahan dunia. Sebagian besar pegawai yang dirumahkan ini ada di negara asal Nokia, yakni Finlandia yang sebelumnya tergabung dalam divisi smartphone, demikian dilansir Windows Central.

Tak hanya memecat karyawan pada divisi mobile, perusahaan yang dipimpin Satya Nadella ini juga mengurangi pegawai di bidang marketing yang baru dibentuk pasca divisi mobile Nokia bergabung dengan Microsoft.

Sejauh ini tidak ada keterangan pasti mengenai jumlah pegawai yang telah dipecat oleh Microsoft selama tahun 2016 ini. Namun, diperkirakan langkah ini akan mampu memperbaiki keuangan Microsoft yang semakin berkurang.

Seperti yang dilaporkan sebelumnya, tahun 2015 lalu Microsoft hanya mampu menjual 4,5 juta smartphone Lumia. Angka yang sangat jauh dibanding dengan kompetitor Microsoft seperti Samsung atau Apple yang bisa menjual perangkat di angka puluhan bahkan ratusan juta.
mks