Tampilan Timeline Twitter Kini Mirip Facebook

Tampilan Timeline Twitter Kini Mirip FacebookTimeline Twitter @imore.com
Algoritma pada tampilan timeline Twitter baru saja mendapat perubahan. Perubahan kali ini memungkinkan pengguna melihat apa yang ingin mereka lihat di timeline. Artinya, timeline akan menunjukkan cuitan yang memiliki revelansi bagi pengguna, dilansir USA Today, Kamis (11/2).

Timeline terbaru Twitter ini dikatakan oleh Product Manager Twitter Michelle Haq akan sangat membantu bagi pengguna. "Tampilan baru timeline Twitter menawarkan pengalaman baru bagi pengguna yang ketinggalan cuitan-cuitan terbaik ketika mereka sedang tidak memantau timeline," ujarnya.

Twitter sendiri sebelumnya telah melakukan berbagai eksperimen dan berhasil menyimpulkan bahwa kebanyakan orang khawatir akan ketinggalan kabar terbaru yang mereka lewatkan ketika tidak mengakses Twitter.

Namun, dengan algoritma baru ini pengguna akan mendapati konten timeline tidak berdasarkan waktu unggahan, melainkan dari akun-akun yang kerap berinteraksi atau yang paling menarik bagipengguna.

Pihak Twitter mengatakan, "Akhirnya kami memutuskan, tampilan yang terbaik adalah berdasarkan hasil riset yang telah kami lakukan selama ini."

"Kami akan mendengarkan berbagai masukan sembari membuat fitur tersebut makin baik dari waktu ke waktu. Lalu kami akan mengaktifkan fitur dalam beberapa minggu ke depan," lanjut pernyaan itu.

Selain menampilkan konten paling penting bagi pengguna, timeline baru yang disebut dengan 'show me the best Tweets first' ini juga akan tampil lebih mirip dengan tampilan Facebook.

Dikatakan oleh Twitter bahwa timeline dengan tampilan baru ini akan membuat pengguna semakin berhasrat untuk mengunggah tweet maupun melakukan re-tweet.

Langkah baru ini dikatakan menjadi keputusan Twitter paling jelas sejak dipimpin oleh Jack Dorsey. Sejak satu tahun terakhir, Twitter memang dianggap tidak mampu berkembang lebih baik.

Kendati sudah resmi dirilis, namun timeline baru ini sementara bersifat opsional. Artinya pengguna bisa mengaktifkannya maupun tidak. Bagi pengguna Android, caranya cukup mudah, Anda hanya perlu pergi ke Setting --> Timeline. Kemudian centang kotak bertuliskan 'show me the best Tweets first'.

Bagi pengguna iOS, tekan ikon roda gigi pada profil dan pilih Setting. Di bawah pilihan Timeline tekan Timeline personalization lalu centang 'show me the best Tweets first'. Selamat mencoba!
mks