Ini yang Terjadi Pada Bumi 10 Ribu Tahun Lagi

Ini yang Terjadi Pada Bumi 10 Ribu Tahun LagiBumi @thelistlove.com
Sebuah studi terbaru mengenai Bumi mengatakan jika planet yang ditinggali manusia ini akan terlihat jauh lebih biru pada 10 ribu tahun mendatang. Hal ini terjadi karena semakin banyak pulau yang hilang terendam air karena perubahan iklim.

Penelitian yang dilakukan oleh 22 ahli termasuk beberapa ilmuwan kunci yang bertanggung jawab secara langsung ke PBB untuk urusan iklim ini dipimpin oleh Peter Clark dari Oregon State University.

Mereka menduga jika manusia akan membayar mahal jika tidak melakukan upaya penyelamatan bumi mulai sekarang.

Dilansir News.com.au, Clark mengatakan, "Dalam beberapa dekade mendatang, studi ini memperlihatkan bagaimana cara meminimalisasi kerusakan serta potensi kehancuran akibat perubahan cuaca dalam sejarah peradaban manusia."

Dalam studi ini peneliti menggunakan kemampuan olah data komputer yang memperlihatkan Bumi pada tahun 2100 nanti. Dari situ penulis studi, Anders Levermann mengatakan, harus ada perubahan yang dilakukan manusia untuk membuang emisi karbon belebihan saat ini.

Levermann menegaskan, "Dalam ratusan tahun mendatang dari sekarang, orang-orang di masa depan akan mengatakan begini, 'Yeah, permukaan air laut naik dan akan terus naik. Hal itu akibat dari 200 tahun lalu, nenek moyang kita menggunakan bahan bakar fosil seperti batu bara, minyak dan gas,' itu kejadiannya."

"Dan jangan seperti itu. Kalau kita lihat sejarahnya, sebenarnya kita bisa melakukan sesuatu untuk memastikan bahwa Bumi tidak akan dipenuhi air seperti yang kita perkirakan," ujarnya lagi.

Laporan penelitian juga menjelaskan, "Sebuah fraksi besar dari emisi karbon hingga saat ini dan dalam 100 tahun ke depan akan tetap berada di atmosfer selama puluhan hingga ratusan ribu tahun."

Dalam laporan itu tertulis pula bahwa manusia masih bisa memperbaiki keadaan di masa depan dengan cara mengembangkan teknologi yang mampu menghilangkan karbondioksida dari udara dalam skala yang sangat besar.

Salah satu penulis penelitian ini, Raymond Pierrehumbert mengatakan, "Sebuah fraksi besar dari emisi karbon hingga saat ini dan dalam 100 tahun ke depan akan tetap berada di atmosfer selama puluhan hingga ratusan ribu tahun."

Jika berpacu pada emisi yang ada sekarang, keadaan bumi pada 10 ribu tahun mendatang akan memancarkan emisi karbon yang cukup untuk membuat bumi lebih hangat sampai 7 derajat. Yang lebih mengerikan, permukaan air laut akan naik 52 meter akibat naiknya suhu tersebut.

mks