Awas, Lihat Gerhana Matahari Secara Langsung Bisa Buta

Awas, Lihat Gerhana Matahari Secara Langsung Bisa ButaIlustrasi melihat Gerhana Matahari @ibtimes.co.uk
Waktu fenomena alam langka Gerhana Matahari Total yang terjadi di Indonesia sudah semakin dekat, yakni kurang dari satu bulan lagi pada 9 Maret mendatang. Gerhana Matahari Total dilaporkan akan melintasi 11 provinsi tanah air saat itu.

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Andi Eka Sakya mengatakan jika saking langkanya fenomena ini, Gerhana Matahari Total mungkin bisa dilihat oleh seseorang hanya sekali dalam hidup mereka.

Namun demikian, ia menyarankan kepada siapa saja yang ingin melihat fenomena ini agar tidak melihat secara langsung tanpa pelindung. Ia mengatakan jika seseorang akan mendapat risiko berbahaya ketika melihat fase Gerhana Matahari Sebagian, terlebih dalam waktu yang lama.

"Jangan melihat langsung ke arah waktu yang lama dalam fase ini," tegasnya.

Namun "Jika melihatnya pada saat fase Gerhana Matahari Total terjadi, maka melihat tidak berbahaya," lanjutnya.

Dijelaskan oleh Andi bahwa fase Gerhana Matahari Sebagian menjadi berbahaya karena paparan matahari yang intens akan menembus mata dan merusak lapisan retina mata. Karena retina tak memiliki sensor sakit, maka kebanyakan orang tidak akan sadar jika retina mereka telah rusak terkena paparan sinar Gerhana Matahari Sebagian.

"Kerusakan pada retina akan dirasakan dalam bentuk penglihatan yang kabur selama beberapa jam sampai minggu," jelas Andi.

Tak hanya kerusakan sementara, kemungkinan terjadinya kerusakan permanen juga bisa saja dialami oleh orang yang melihat Gerhana Matahari Sebagian. Oleh karena itu, melihat fenomena ini sebaiknya dilakukan dengan kacamata yang mempunyai pelindung khusus.

"Sedangkan kaca mata hitam biasa, film foto, film rongten, bukanlah alat yang aman untuk melihat matahari," imbaunya.

Selain itu Andi juga tidak menyarankan siapa saja yang hendak memotret Gerhana Matahari Total dengan cara melihatnya melalui view finder. "Kalau mau aman ambil gambar tapi kita lihatnya lewat layar pada kamera," tandasnya.

mks