Video Magnet Sederhana Bisa Lelehkan Besi

Video Magnet Sederhana Bisa Lelehkan BesiBesi meleleh dengan kumparan magnet sederhana @youtube.com
Seperti yang disebutkan dalam teori, besi akan bisa meleleh jika mendapatkan suhu lebih dari 1.500 derajat celcius. Namun, dalam sebuah percobaan besi mampu leleh hanya dengan sebuah magnet buatan yang cukup sederhana.

Dalam tayangan YouTube, magnet berupa kumparan itu dalam waktu singkat mampu membuat besi melayang memutar sebelum akhirnya terpanggang, bersinar dan meleleh. Bagaimana bisa?

Pernahkan Anda membuat magnet dari kawat hanya dengan mengaliri listrik pada kumparan tersebut? Cara kerja dari magnet seperti yang dilakukan pada eksperimen ini sama dengan hal itu, yakni memanfaatkan elektromagnetik.

Dengan kumparan dan listrik yang cukup besar, besi akan tertahan pada medan magnet sehingga melayang tanpa tersentuh kumparan tersebut. Besi juga memicu kumparan tersebut untuk menghasilkan arus listrik yang lebih besar.

Sehingga, lama kelamaan arus listrik yang ada di besi tersebut semakin banyak dan menghasilkan panas yang terpusat. Suhu panas tersebut semakin lama akan semakin panas dan mampu membuat besi meleleh.

Penasaran seperti apa? Lihat videonya di atas!
mks