5 Macam Alat Make up Mata dan Fungsinya

Rabu, 25 Januari 2012
5 Macam Alat Make up Mata dan Fungsinya
Sebagai make up artist, tidak jarang klien dan teman datang berkonsultasi mengenai produk dan jenis make up. Eyeliner jenis apakah yang bagus, bagaimana menggunakan eyeliner dalam bentuk gel atau bagaimana membuat alis indah dan terlihat alami. Tampaknya, begitu banyak pilihan dan variasi tekstur make up membuat banyak perempuan bingung dengan serba-serbi dalam berdandan. Karena itu kali ini kita akan berbagi informasi dan memberikan jawaban untuk para perempuan seputar make up mata!

1. Pencil Eyeliner

Pencil eyeliner paling populer karena praktis & mudah digunakan bahkan untuk para pemula. Meskipun sebenarnya memakai eyeliner pensil paing mudah melebar dan harus selalu diserut. Dan, dengan menorehkan pencil eyeliner yang tumpul garis eyeliner-mu akan tampak terlalu tebal. Walaupun begitu, untuk kamu yang menginginkan gaya smokey eyes pada mata harus menggunakan jenis eyeliner berbentuk pensil karena bisa dibaurkannya dengan kuas ke arah atas untuk menciptakan aksen mata yang dalam dan bergradasi pada kelopak mata.

2. Liquid Eyeliner

Liquid eyeliner sedikit lebih sulit diaplikasikan karena teksturnya yang lebih runcing, tajam, dan dramatis. Warna yang dihasilkan juga lebih pekat ketimbang pencil eyeliner. Kalau kamu senang gaya cat-eye atau eyeliner yang tipis, eyeliner jenis ini yang cocok untukmu. Tetapi, kamu harus lebih sabar dalam menggunakannya karena liquid eyeliner cukup sulit diaplikasikan dan harus dilakukan dengan tangan yang mantap atau garis yang terbentuk akan terlihat seperti bergerigi. Kamu juga harus membiarkannya beberapa waktu sampai kering sebelum membuka mata atau garis eyeliner akan meleber.

3. Gel Eyeliner

Untuk yang senang dandan dan merasa wajib dandan setiap harinya, pasti sudah akrab dengan gel eyeliner. Kebanyakan juga mengaku tidak mau pindah ke pensil atau liquid eyeliner kalau sudah mencoba jenis gel. Gel eyeliner ini memang lebih fleksibel. Seperti pensil eyeliner, jenis gel dapat di baurkan dengan bantuan kuas baur. Teksturnya juga lebih padat daripada liquid eyeliner sehingga tidak mudah luntur ataupun berantakan dan tidak perlu  menunggu kering sebelum membuka mata. Bentuk yang dihasilkan juga mudah divariasikan, dari almon hingga wing eye tip, tergantung besar-kecilnya kuas yang kamu gunakan. Karena itu, kamu disarankan untuk membeli kuas yang tepat untuk mengaplikasikan gel eyeliner dengan bentuk yang sesuai dengan keinginan.

4. Pencil Brow

Alis adalah bingkai wajah. Coba perhatikan, wajahmu pasti lebih terlihat indah saat alismu rapih. Setelah merapihkan bentuk alis entah dengan dicabut, threading atau wax kita tetap harus menegaskan bentuknya. Pencil brow cocok saat kita tidak punya banyak waktu untuk dandan seperti pagi hari ke kantor. Torehkan pensil brow perlahan dengan tidak terlalu menekannya. Ingat untuk selalu menjaga ketajaman pensil brow sebelum menggunakannya. Kamu juga bisa mengisi kekosongan pada bagian alis dengan pensil ini. Satu kekurangannya adalah tekstur yang dihasilkan dari pensil terlihat kurang alami dibandingkan dengan penggunaan brow powder. 

5. Brow Powder

Mungkin brow powder tidak terlalu terkenal dibanding pencil brow. Brow powder ini teksturnya sama seperti eyeshadow. Bahkan kita dapat menggunakan eyeshadow cokelat sebagai pengganti brow powder. Yang diperlukan hanya kuas tipis dengan bentuk miring, yang bentuknya seperti kuas untuk menggunakan gel eyeliner namun kuas ini lebih keras. Brow powder ini cocok untuk kamu yang memiliki alis tebal maupun tipis. Yang perlu dilakukan hanya menorehkan kuas perlahan untuk mempertegas bentuk alis dan mengisi bagian yang kosong pada alis. Hasilnya lebih alami, rapih dan tidak ada kesan bahwa alis kamu 'digambar'. Kekurangannya? Brow powder kurang tahan lama dibanding pencil brow. (www.fimela.com/rha)

Berita, Jadwal & Hasil Pertandingan Piala Dunia 2014 Brasil

Komentar