Google Akan Hapus 247 Aplikasi Penipuan di Play Store

Google Akan Hapus 247 Aplikasi Penipuan di Play StoreAplikasi Android @androidheadlines.com
Penipuan yang melibatkan salah satu aplikasi mobile yang dioperasikan oleh MoPub, platform iklan yang dimiliki Twitter, kini berdampak pada aplikasi lain. Google dilaporkan akan segera menghapus lebih dari 200 aplikasi serupa.

MoPub sendiri sebelumnya diklaim menghadirkan ad fraud atau modus penipuan lewat iklan yang dalam laporannya disebutkan mendapatkan keuntungan lebih dari USD 250 ribu atau Rp 3,4 miliar.

Skema penipuan ini sudah diinvestigasi oleh para analis di perusahaan keamanan Sentrant Security. Mereka menghadirkan 247 nama aplikasi-aplikasi yang memiliki konten serupa, bahkan tersedia di Google Play Store secara gratis.

Aplikasi tersebut dikatakan telah terpasang 1.193.665 kali di perangkat Android, seperti dilansir International Business Times, Selasa (9/2/2016).

Co-founder Sentrant Security, Hadi Shiravi mengatakan, "Google memang akan menghapus aplikasi-aplikasi tersebut. Akan tetapi, aplikasi yang sudah terinstal di perangkat Android tidak akan berisiko menyebarkan infeksi."

Ia menegaskan jika aplikasi yang mengandung iklan penipuan itu sudah memiliki skema paling canggih saat ini. Kabar terbaru menyebutkan bahwa skema itu dikembangkan oleh perusahaan aplikasi mobile, Academ Media.
mks