Mafia Proyek Gedung Taiwan Dicampur Kaleng Minyak Ditahan

Mafia Proyek Gedung Taiwan Dicampur Kaleng Minyak DitahanKontruksi apartemen yang roboh gunakan kaleng minyak @asiaone.com

Pengadilan Taiwan memerintahkan penahanan terhadap pengembang apartemen yang roboh di Distrik Tainan akibat gempa 6,4 SR Sabtu lalu. Dari hasil investigasi, ditemukan indikasi kecurangan dalam pembangunan hunian susun itu.

Menurut temuan Tim SAR, bangunan 17 lantai itu menggunakan beton campuran. Pengembang sengaja mencampur kaleng minyak bekas dalam kontruksi bangunan tanpa rangka besi, dilansir dari Asiaone, Rabu (10/2).

Salah satu puing gedung yang terbelah menunjukan banyak bahan-bahan ganjil yang digunakan pengembang saat mendirikan gedung tersebut. Ada kaleng minyak, dinding diisi karet sintetis yang dicampur beton. Kaleng dipakai untuk menciptakan kesan tembok besi.

Akibat kontruksi bangunan yang tidak sesuai standar itu, 41 orang tewas tertimpa bangunan yang ambruk. Serta ratusan lainnya luka-luka.

Bos pengembang Dragon Building, Lin Ming-hui, kini ditahan dan dianggap sebagai orang paling bertanggung jawab atas kejadian itu.

Apa yang dilakukan pengembang tersebut termasuk pelanggaran serius sebab Taiwan menetapkan aturan ketat kontruksi bangunan mengingat negara ini langganan gempa bumi. Tragedi gempa paling dahsyat di Taiwan terjadi pada 1999, yang menewaskan lebih dari 2.300 jiwa.

(BACA: Apartemen Taiwan Runtuh Bukan Kena Gempa Tapi Mafia Proyek)

Nay