Minim Kejahatan, Polisi Norwegia Woles Bawa Pentungan

Minim Kejahatan, Polisi Norwegia Woles Bawa PentunganPolisi Norwegia tidak membawa pistol @cnn.com

Anggota kepolisian Norwegia kini tidak perlu lagi membawa pistol saat berkerja atau berpatroli melainkan cukup membawa pentungan. Hal itu menyusul rendahnya tingkat kejahatan dan nyaris tidak ada isu-isu terorisme.

"Akhir 2014 kami mendapat informasi bahwa akan ada insiden terjadi 12 bulan mendatang. Sekarang, setelah kemungkinan serangan teror berakhir, kami menganggap membawa pistol tak diperlukan lagi," kata Wakil Kepala Kepolisian Jorn Schjelderup, dilansir dari the Guardian, Rabu (10/2).

Indeks kejahatan di Norwegia hanya 30,11 persen dan berada di urutan 69 dunia. Dengan kata lain, suasana keamanan di negara ini betul-betul terjamin. Bandingkan dengan Amerika Serikat yang indeks kejahatannya mencapai 58,8 persen dan berada di urutan 30 dunia.

Karena sepinya aksi-aksi kejahatan, praktis kinerja polisi lebih banyak berkutat memulangkan para imigran gelap yang tidak memiliki dokumen. Selain itu, selama ini polisi di sana memang jarang menenteng pistol. Kalaupun berpatroli, mereka biasanya menaruhnya di dalam mobil.

Dengan aturan polisi tak membawa pistol ini, Norwegia mengikuti jejak Islandia dan Iralndia yang juga hanya membawa pentungan karena kondisinya relatif aman.

Nay