35.000 Guru Honorer Demo Diangkat Jadi PNS, Capek Di-PHP

35.000 Guru Honorer Demo Diangkat Jadi PNS, Capek Di-PHPMassa pendemo memadati Istana Negara @detik.com

Ribuan tenaga honorer menggelar demo di depan Istana Presiden, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (10/2) hari ini. Mereka menuntut kenaikan status menjadi pegawai negeri sipil.

Sembilan perwakilan pendemo akan menemui Presiden Jokowi.

"Saya bersyukur bisa ketemu Pak Jokowi, karena selama ini kami selalu dibohongi oleh Yuddy (Menteri Yuddy Chrisnandi), kami berharap pertemuan nanti Pak Jokowi tepati janjinya seperti saat kampanye pemilu," terang Indra, salah satu perwailan pegawai honorer.

Tampak di antara para pendemo, anggota DPD Fahira Idris.

"Kita minta bantuannya kepada polisi untuk menjaga aksi ini. Kita datang ke sini bukan untuk rusuh kita minta polisi kawal temen-teman yang akan masuk," jelasnya.

Untuk mengamankan jalannya unjuk rasa ini, Polda Metro Jaya, menerjunkan 9 ribu personelnya.

"Kami mengerahkan total kekuatan sebesar 9 ribu personel lebih untuk mengamankan aksi demo tersebut," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Mohammad Iqbal.

Unjuk rasa ini dipusatkan di Istana Negara, Kantor DPR/MPR, Kantor Menteri Pendayagunaan dan Aparatur Negara, dan Balai Kota.

Jumlah pengunjuk rasa diperkirakan mencapai 35.000 orang. Tak hanya dari Jakarta, mereka juga datang dari Tangerang, Lampung Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Sumatera Selatan dengan satu tujuan: diangkat menjadi PNS (Pegawai Negeri Sipil).

Nay